Memanggungkan Indonesia

Sabtu, 23 April 2016

Prihatin Akan Rendahnya Minat Menulis Mahasiswa Flores Timur, AMA Jakarta Gelar Latihan Jurnalistik

By on 03.08
Peserta pelatihan jurnalistik sedang mengikuti materi Pelatihan Jurnalistik AMA Jakarta
Rendahnya minat menulis generasi muda Flores Timur, khususnya kalangan mahasiswa menjadi perhatian khusus pegiat pers dari Flores Timur di Jakarta. Menyikapi persoalan ini, Angkatan Muda Adonara Jakarta (AMA Jakarta), mengadakan kegiatan pelatihan Jurnalistik di gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu, 23 April 2016.

Kegiatan yang diikuti oleh tujuh belas anggota baru AMA Jakarta ini meliputi dua materi, yaitu fotografi jurnalistik dan dasar-dasar jurnalistik. Yudha, alumni jurusan Fotografi, Kampus Tercinta Institut Ilmu Sosial dan Politik Jakarta (ISIP), membawakan materi jurnalistik fotografi pada sesi pertama. Dengan gayanya yang santai dan lugas, Yudha memberikan materi dasar-dasar fotografi jurnalistik, sehingga muda dicerna oleh peserta.

Menurut Yudha, ditengah arus perkembangan teknologi dan informasi berbasis digital, fotografi jurnalistik menjadi bagian penting dalam proses penyajian sebuah berita atau tulisan berupa opini. "Berita atau opini tersebut semakin dipertegas dengan gambar yang ada dan menjadi sebuah sajian yang menarik," Ungkap Yudha.

Sementara itu, Ferdinand Lamak, wartawan senior dari Flores Timur yang membawakan materi, dasar-dasar jurnalistik media cetak dan elektronik, mengungkapkan keresahannya terhadap minat menulis yang sangat rendah dari generasi muda Flores Timur, khususnya kalangan mahasiswa dan lulusan baru sarjana. "Beberapa bulan lalu saya dihubungi oleh salah satu teman wartawan yang menanyakan teman-teman wartawan muda dari Flores Timur untuk ditugaskan di salah satu media, saya katakan tidak ada, karena saya sendiri tidak menemukan selama ini." kata pria yang telah menggeluti dunia jurnalistik sejak tahun 1996 ini.

Dengan adanya kegiatan pelatihan jurnalistik ini, mudah-mudahan tidak hanya terget pelaksanaan Program Kerja Bidang Jurnalistik AMA Jakarta saja yang dapat dilaksanakan. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum AMA Jakarta, Agus Muda, usai kegiatan ini dilaksanakan. "Jadi harapan saya bahwa dengan adanya latihan jurnalistik ini, kedepannya semakin banyak generasi muda Flores Timur terutama dari AMA Jakarta yang berminat di dunia jurnalistik hingga dapat menjadi jurnalis terkenal," kata Agus.
Salah satu peserta pelatihan, Klaren Muda mengatakan bersyukur sekali dapat mengikuti kegiatan ini karena pelajaran jurnalistik ini tidak diberikan di fakultas atau jurusan lain. "Besar harapan kami mudah-mudahan teman-teman dapat mengaplikasikan apa yang di dapat dalam pelatihan ini," kata Klaren.
Sementara itu, peserta lainnya, Azis WN, mengatakan sangat senang dengan kegiatan ini, dan mudah-mudahan ada tindak lanjut dari kegiatan ini. Menurutnya, pelatihan ini masih pada tataran dasar-dasar jurnalistik, sehingga kedepannya akan ada pelatihan jurnalistik lanjutan untuk mempertahankan semangat belajar teman-teman. "Untuk teman-teman sekalian, setelah ini semoga kita bisa mengasah kemampuan kita lewat media yang telah disediakan seperti buletin dan situs resmi AMA Jakarta," ujar mahasiswa Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia (STPI) ini.
 
Pada sesi akhir pelatihan ini, peserta diberikan tugas untuk mentransformasikan fakta-fakta yang dibagikan lewat beberapa artikel menjadi sebuah berita yang menarik. "Hal ini bertujuan untuk menguji sejauh mana kemampuan menulis mahasiswa, sehingga kedepannya dapat dijadikan standar untuk menentukan materi-materi yang akan diberikan," ungkap Ferdinand menutup pembicaraannya. (Andri Atagoran)

0 komentar:

Posting Komentar