Memanggungkan Indonesia

Selasa, 03 September 2013

Raja Ampat (Heaven of the World)

By on 04.48

Untuk para Traveler, destinasi wisata yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Ibarat kata orang “jangan bilang kamu pernah ke Jakarta kalau belum menginjak Monas,” maka di sini saya berani mengatakan jangan bilang kamu Pernah ke Papua kalau belum menginjak Raja Ampat. Atau  jangan bilang kamu pulang dari surganya menyelam kalau belum pernah menyelam di Raja Ampat.

Eh.. eh.. (se.. se..) tunggu dulu, ngomong-ngomong atau kata Anak Baru Gede asal Indonesia itu ada istilah “BTW” saya juga belum pernah ke Raja Ampat lho..
Tapi gpp,, kita coba bedah  apa aja sih isi dari Raja Ampat itu sendiri? Iya, sekali pun saya belum pernah ke Raja Ampat tapi yakinlah seratus % informasi yang saya dapatkan ini dari sumber yang sangat terpercaya. Yuk!! Saya akan mengajak kita sekalian mari bersama-sama membayangkan Raja Ampat yang sesungguhnya… lets go…!!


Raja Ampat merupakan gugusan  kepulauan kecil yang berada di Papua bagian barat yang berdekatan dengan kepala burung Pulau Papua (dulunya disebut Irian Jaya). Di Raja Ampat ini sendiri terdapat empat pulau utama  yaitu pulau Waiego, pulau Misool (yang  merupakan rumah bagi lukisan batu kuno), pulau Salawati dan pulau Batanta. Masyarakat Kepulauan Raja Ampat umumnya nelayan tradisional yang berdiam di kampung-kampung kecil yang letaknya berjauhan dan berbeda pulau.
Di kawasan gugusan Misool ditemukan peninggalan prasejarah berupa cap tangan yang diterakan pada dinding batu karang. Uniknya, cap-cap tangan ini berada sangat dekat dengan permukaan laut dan tidak berada di dalam gua. Menurut perkiraan, usia cap-cap tangan ini sekitar 50.000 tahun dan menjadi bagian dari rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia dari kawasan barat Nusantara menuju Papua dan Melane
Sisa pesawat karam peninggalan Perang Dunia II bisa dijumpai di beberapa tempat penyelaman, seperti di Pulau Wai.


 


Nah.. ini dia ni yang membuat kenapa Raja Ampat begitu terkenal dan sangat disukai para Traveler baik dari dalam negri maupun mancanegara.
Bagaimana tidak  kepulauan Raja Ampat merupakan fenomena yang benar-benar alami dengan keanekaragaman hayati yang sangat besar dan sangat luar biasa Indahnya.



Alam yang memanjakan mata dan hati, itulah sedikit mungkin pendapat saya tentang Trade Mark  dari Raja Ampat.



Pemandangan atas dan bawah laut yang sangat eksotis seakan memberikan petunjuk kepada para traveler yang suka akan Fotografi harus menempatkan pilihan yang satu ini pada  bagian paling atas dari daftar kunjungan Anda selama berada  di sini.



 












Untuk Fasilitas unik yang belum pernah Traveler temukan di tempat lain salah satunya adalah yang di bawah ini. Ini unik untuk perjalanan yang memang benar-benar membuat hati menjadi tenang seperti lautan teduh di sekitar kepulauan Raja  Ampat. Kalau sampan yang satu ini namanya saya tidak tau, (jujur lebih baik daripada sok tau hehe..). Tapi saya yakin traveler akan menemukan jawabannya jika saatnya sudah sampai di sana.



 
Setelah melihat semuanya di atas, saya yakin teman-teman pasti akan bingung tentang satu hal ini. Lalu bagaimana dengan penginapan?  Saya punya jawaban “pace deng mace, ko tenang saja.”
Di bawah ini  merupakan homestay-homestay unik yang membuat anda merasa nyaman seolah-olah berada di surga Zamannya Adam dan Hawa. 

Yenkoranu Homestay

Lumba Lumba Guesthouse

Metos Homestay

Kordiris Homestay

 
Ibu Maria's Homestay

 
So, jangan khawatir karena info yang saya berikan sangat sedikit tapi satu hal yang penting saya bisa meyakinkan para traveler sekalian bahwa anda tidak akan menyesal jika ke sana suatu saat nanti. Jika belum punya duit, yakinlah semuanya akan indah pada waktunya, apalagi tempatnya di Raja Ampat.

Untuk info lebih lengkap ni saya sarankan langsung saja ke situs wisata Raja Ampat :




0 komentar:

Posting Komentar